Peletakan Batu Pertama, Presiden Joko Widodo Membangun Pasar Budaya Papua


INDO Ekspres, Jayapura, Papua - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Pasar Budaya Mama-Mama Papua di Jayapura pada Sabtu untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat. 

"Agenda Presiden Joko Widodo di Papua hari ini, Sabtu 30 April 2016, dimulai dengan groundbreaking pembangunan Pasar Budaya Mama Mama Papua," demikian keterangan dari Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, Sabtu (30/4).

Presiden didampingi Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Peletakan batu pertama pembangunan pasar ini merupakan yang kedua dilakukan Presiden di Papua setelah sebelumnya dilakukan di Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura pada Sabtu, 27 Desember 2014.

Pembangunan Pasar Budaya Mama-Mama ini merelokasi pedagang dari lokasi lama ke lahan Damri. Para pedagang menginginkan relokasi dibangun di tengah kota agar bisa menolong para pengrajin, usaha warung, dan para pedagang lainnya yang tidak bisa mengakses ruko di pusat kota karena harga jual dan sewa mahal.

Setelah groundbreaking Pasar Budaya Mama-Mama, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Depapre, Kabupaten Jayapura menggunakan mobil.  Pelabuhan Depapre adalah pelabuhan peti kemas, curah cair, dan curah kering di Teluk Tanahmerah menghadap Samudera Pasifik. Pelabuhan ini berjarak 30 km dari pelabuhan lama Jayapura dan 27 km dari Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura serta 60 km dari Jayapura, ibu kota provinsi Papua.

Setelah meninjau Dermaga Depapre, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan kembali ke Jakarta pada siang hari dan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada Sabtu petang, 30 April 2016. (bst)