Kompak, Presiden Joko Widodo dan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama Peringati Hari Hutan Internasional 2016


INDO Ekspres, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini dijadwalkan akan mencanangkan Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar di Pulau Karya, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Pencanangan yang akan ditandai pelepasan penyu dan elang bondol ke habitatnya serta penanaman mangrove (bakau) dan terumbu karang itu, diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Hutan Internasional 2016.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga akan meninjau Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu untuk menyaksikan penyu sisik.

Hari Hutan Internasioal 2016 yang bertema “Hutan dan Air” bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya semua tipe hutan dan pohon yang berada di luar hutan.

Hutan yang menutupi sepertiga daratan bumi berperan vital dalam kehidupan manusia, di mana sekitar 1,6 miliar penduduk dunia dan 2.000 jenis makhluk hidup bergantung pada hutan. Selain itu, hutan dan lahan basah juga menyediakan sekitar 75% akses dunia untuk air tawar.

Ironisnya, perubahan iklim telah mengubah peran hutan dalam arus air dan ketersediaan sumber daya air. (bst)